Tag

, , , , , , , , ,


Konveksi Malang menyarankan teman-teman memiliki pengetahuan yang mendasar tentang bagaimana cara yang tepat dalam memilih bahan busana. Karena, saat ini di pasaran banyak sekali ragam bahan busana. Masing-masing bahan memiliki keunggunlannya tersendiri. Mungkin tidak sedikit dari teman-teman yang merasa bingung ketika memilih bahan busana mana yang sesuai dengan kebutuhan. Yah, hal ini wajar sekali. Bagaimana teman-teman dapat memilih bahan yang sesuai kebutuhan, siapa yang akan mengenakannya, model busana seperti apa, serta tujuan pemakaian busana agar tetap nyaman digunakan.

Konveksi Malang Bahan tekstil dalam bentuk kain merupakan bahan baku utama untuk membuat busana. Dengan kombinasi bahan-bahan selain kain bahan tersebut dapat dibuat busana dengan mengkombinasikan sentuhan kreativitas seni dan teknologi. Masyarakat secara umum  ketika memilih bahan busana didorong oleh faktor pengalaman saja, maksudnya dari busana yang mereka kenakan menjadi pengalaman menggunakan jenis bahan tekstil apa yang akan mereka beli atau informasi dari toko tekstil, pelayan toko, dan label yang mereka baca. Konveksi Malang Setelah mereka memiliki bahan kemudian di bawa ke tempat jahit seperti tailor atau konveksi. Nah tidak sedikit masyarakat ketika akan menjahit sebuah busana antara bahan dan desain pakaian yang di bawa tidak sesuai. Hal inipun pernah dialami oleh konveksi kaos, dimana antara desain kaos arau desain jaket yang diorder tidak sesuai dengan bahan yang mereka bawa atau mereka rekomdasikan.

Pada tulisan “Tips Memilih Bahan Busana Dari Konveksi Kaos”, konveksi kaos akan mencoba memaparkan tips bagaimana memilih bahan tekstil yang tepat untuk produksi berbagai busana. Hal ini sangat penting terutaman bagi teman-teman yang ingin berkecimpung di dunia fashion agar dapat diproleh produk busana yang nyaman dan indah. Kesalahan dalam memilih bahan busana/atau bahan tekstil akan mengakibatkan ketidak nyamanan dalam berpenampilan dan berbusana.

  1. Tips pertama dari konveksi kaos adalah kenali klasifikasi busana apa saja.

Dalam memilih bahan tekstil apa yang akan kita gunakan, terlebih dahulu harus kita fahami jenis busana apa yang akan kita buat, akan dipakai oleh siapa, akan dikenakan pada moment apa serta pemakaian busana yang kita buat tujuannya untuk apa. Itupun yang dilakukan oleh konveksi kaos ketika akan mengorder bahan tekstil, baik ke toko maupun ke pabrik. Ada beberapa kategori untuk menjelaskan jenis-jenis busana, diantaranya:

a. Busana dibedakan berdasarkan cara produksinya yaitu:

–          Produk busana garment, yaitu busanayang diproduksi oleh garment atau konveksi secara massal, seperti produksi yang dilakukan oleh konveksi kaos. Konveksi kaos memproduksi kaos distro, jaket, kemeja, dan lain-lain secara massal. Pakaian/busana yang diproduksi olek konveksi kaos/garmen tidak ditujukan untuk satu orang pemakai melainkan untuk banyak orang. Dalam produksinya cukup menggunakan ukuran standar S,M, L,XL tanpa ukuran detil badan calon pemakainya.

–          Produk busana perorangan, yaitu busana/pakaian yang dibuat langsung dengan mengukur badan calon pemakai. Pada proses pembuatannya dibutuhkan waktu lebih lama, karena satu busana selesai baru mengerjakan busana lainnya. Berbeda dengan proses produksi di konveksi kaos, dimana busana yang diproduksi di jahit secara bersamaan, tidak menunggu satu busana selesai dijahit, baru busana yang kedua diproduksi.

b. Busana dibedakan berdasarkan usia pemakainya, yaitu :

–          Pakaian bayi, yaitu pakaian yang dibuat untuk bayi dari usia 0-1 tahun
–          Pakaian balita, yaitu pakaian yang dibuat untuk anak usia 1-5 tahun
–          Pakaian anak, yaitu pakaian yang dibuat untuk anak usia 6-12 tahun
–          Pakaian remaja, yaitu pakaian yang dibuat untuk usia 13-18 tahun
–          Pakaian dewasa, pakaian yang dibuat untuk orang dengan usia diatas 18 tahun

c. Busana dibedakan berdasarkan jenis kelamin pemakainya, yaitu:

–          Busana wanita
–          Busana pria

d. Busana dibedakan berdasarkan tujuan pemakaiannya, yaitu:

–          Busana pesta
–          Busana kasual (busana yang digunakan ketika acara santai)
–          Busana pantai
–          Busana renang
–          Busana kerja
–          Busana tidur
–          Busana olah raga
–          Busana khusus (baju pengantin, baju astronot, baju pembalap, baju pemadam kebakaran,dll)

e. Busana dibedakan berdasarkan pemakaian di badan, yaitu:

–          Busana atasan
–          Busana bawahan
–          Busana dalam (busana yang melindungi tubuh bagian dalam atau vital)

f. Busana dibedakan berdasarkan musim, yaitu:

–          Busana musim panas
–          Busana musim dingin

 2. Tips kedua dari konveksi kaos adalah kenali desain dan jenis busananya.

Hal yang paling penting dalam menentukan jenis bahan tekstil yang akan dibeli adalah desain pakaian dan jenis pakaian yang akan dibuat. Bayangkan, sangat tidak enak kan jika jenis bahan tekstil yang dibeli tidak nyambung dengan jenis pakaian atau desain pakaian kita J. Berikut ini konveksi kaos akan menuliskan jenis-jenis busana/pakaian yang kita kenal sehari-sehari serta bahannya apa saja.

a. Busana pesta

Kain atau bahan tekstil yang cocok digunakan untuk busana pesta diantaranya katun halus, poli ester, sifon, sutra, satin, dan organdi. Kenapa bahan-bahan yang disebutkan tadi sangat cocok untuk busana pesta karena sifat dari busana pesta umumnya banyak menggunakan aplikasi (lipat maupun kerut) serta memiliki warna yang agak mengkilap atau berkilau. Bahan-bahan yang disebutkan diatas jarang digunakan oleh konveksi kaos, karena konveksi kaos tidak memproduksi busana pesta J. Busana pesta biasanya dibuat oleh seorang desainer atau butik.

b. Kemeja

Kain atau bahan tekstil yang digunakan untuk kemeja diantaranya bahan katun, rayon, TC, poly ester. Nama yang berkembang dipasaran biasanya kita kenal drill, twill, famatex, twiss dan katun. Desain kemeja berbeda dengan busana pesta, dia cenderung lebih sederhana. Bahan untuk kemeja berasal dari kain tenun dengan anyaman polos yang tipis. Nah bahan-bahan ini sering sekali konveksi kaos gunakan. Karena konveksi kaos juga memproduksi kemeja dengan berbagai model dan bahan tergantung selera konsumen J.

c. Busana santai atau casual

Kain untuk busana santai diantaranya spandex, bahan rajutan (kaos) dan lycra. Busana santai sebenarnya lebih mementingkan kenyamanan pengguna karena biasanya digunakan untuk jangka waktu yang agak lama dengan demikian bahan busana santai umumnya lebih fleksibel. Busana santai yang diproduksi oleh konveksi kaos biasanya polo shirt (kaos polo) yang menggunakan bahan lacoste atau pique.

d. Celana panjang

Kain atau bahan tekstil untuk celana panjang dinataranya bahan dari serat wol dan katun.

e. Kaos

Bahan tekstil yang digunakan untuk membuat kaos adalah bahan rajut, ada yang terbuat dari katun (kombed atau karded), poly ester, CVC, maupun TC. Bahan-bahan diatas sering digunakan oleh kami, konveksi kaos. Untuk bahan kaos inipun konveksi kaos harus pandai-pandai memilih bahan kaos apa yang akan digunakan. Mengingat usia, jenis kelamin, moment, tujuan pembuatan kaos sangat menentukan jenis bahan apa yang akan digunakan. Untuk lebih lengkapnya tentang bahan kaos silahkan membaca artikel jenis-jenis bahan kaos distro yang digunakan konveksi kaos

Jika anda ingin bertanya & pesan baju, topi, kaos, jaket dan sebagainya

silahkan bisa  menghubungi kami di :

Manager Konveksi Distro – Bpk. Ardian Cahya Wirawan :

0857 0687 5955 (im3 / 24 jam) / ArdianCahyaWirawan@gmail.com

Fb.com/ardian.cahyawirawan

Iklan